Minggu, 15 November 2009

Daftar restoran/kafe yang ramah terhadap non perokok

Menanggapi usul dari beberapa rekan, akhirnya saya buat juga daftar restoran-restoran bebas asap rokok. Rumah makan yang saya harap tercantum di daftar ini nantinya adalah rumah makan yang secara kebijakan memang melarang adanya perokok, jadi bukan hanya kebetulan tidak ada perokok saat kita berkunjung ke sana. Menilik pengalaman tidak enak terakhir saya, bahkan tanda no smoking pun bukan jaminan resto tersebut akan melarang perokok.

Karena masih baru, sementara isi daftar ini baru sedikit. Semoga rekan-rekan yang lain dapat menambahkan isi daftar ini sehingga kalau kita bingung mau makan di mana, kita tinggal mencari inspirasi dari daftar ini :D sebagai wujud penghargaan kita terhadap kebijakan rumah makan tersebut.

Daftar rumah makan anti rokok saat ini adalah :

1. The Duck King
Saya cukup terkesan bahwa resto ini masuk daftar rumah makan anti rokok, mengingat sebelum diberlakukannya perda, saya membuang nama resto ini dari rekomendasi saya karena saat saya mengalami saat-saat yang menyesakkan di sana, manajer resto menyatakan bahwa kebijakan restonya adalah semua area = smoking area.
Tetapi saat saya mencoba berkunjung ke sana pasca perda anti rokok, saya menanyakan kepada pelayannya apakah ada area merokok, dan dia menjawab, maaf bu, kebijakan resto kami semua area adalah no smoking area. Plok plok plok, dan saya dengan hati ringan masuk ke resto ini untuk menikmati santapan lezat walau harus merogoh kocek cukup dalam...

2. Pizza Hut (di Galaxy Mall, masukan dari Njoto Benarkah)
Konon di resto ini tdk ada tempat utk perokok, semua area = no smoking area... Jempol untuk pizza hut yang konsisten, sejak sebelum perda diberlakukan, saya sudah respect karena resto ini sangat ramah dalam memperlakukan non perokok. Dia akan dengan tegas memindah perokok ke area merokok, dan tidak seperti resto lain yang menempatkan perokok di area terbaik dan non perokok di area terjepit di dalam, sebaliknya pizza hut dulu menempatkan non perokok di area terbaik dari restonya dan meletakkan perokok di bagian paling dalam yang jauh dari posisi non perokok, sehingga asapnya benar-benar tidak menjangkau kita. Salut untuk Pizza Hut.

3. XO dan XO Suki (at least di TP)
Semua area dinyatakan sebagai no smoking area.

4. Ayam Panggang dan Ice Juice Kedungsari

Nah, pengalaman di resto yang positif melarang perokok baru ini saja, tetapi saya memiliki perkiraan bahwa seluruh resto di TP juga memberlakukan larangan ini.

Apakah ada yang dapat mengkonfirmasi atau memberi tambahan ?

Tidak ada komentar: